Menggunakan Facebook secara profesional

 
Menggunakan Facebook secara profesional, dalam artian ketika kita sudah mengetahui beragam fitur dan aplikasi Facebook ada baiknya kita memanfaatkannya seprofesional mungkin, terlebih dahulu tetapkan dulu niatan kita dalam membuat account di Facebook, apakah hanya mencari teman yang banyak, bermain game dari aplikasi-aplikasi yang disediakan Facebook, untuk tujuan bisnis atau yang lainnya. Ketika hal ini sudah ditetapkan maka kita akan tahu tujuan kita buat apa. Bila untuk bisnis maupun menjalin pertemanan ada baiknya gunakan Facebook secara profesional. Karena itu...
akan mempengaruhi 'image' kita dihadapan para 'Facebookers' lainnya.
Bisa jadi saat kita banyak teman malah tidak memberikan manfaat. Kunatitas ternyata tidaklah sepenting kualitas. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu persatu.

1. Rapihkan Facebook Profile
Sederhananya halaman Facebook profile kita harus pula merepresentasikan positif diri kita. Tampilkanlah profile diri kita sebaik mungkin di Facebook. Hindari memasang foto atau video yang malah akan membuat kita bermasalah di mata teman, mungkin niat kita tidak buruk tapi foto atau video bisa jadi anggapan teman kita merefleksikan karakter diri kita. Jangan menulis cerita bernada SARA atau pornografi di Facebook Notes kita, kalau tidak mau dibaca teman kita. Tampilkan Facebook Profile serapi dan sebersih mungkin. Karena Facebook Profile kita mencerminkan jati diri kita.

2.Mencari kembali teman-teman lama
Temukan teman kita mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga perguruan tinggi. Contohnya saya sendiri akhirnya dapat berjumpa kembali dengan teman Sekolah Dasar saya setelah 6 tahun tidak berjumpa, walaupun hingga saat ini masih belum berjumpa langsung hanya via Facebook. Tetapi rasa senang bertemu dengan teman lama adalah sesuatu hal yang menyenangkan. Dengan menambahkan mereka sebagai teman kita di Facebook, akan menambah tingkat kedekatan kita dengannya. Bila dulu sempat renggang atau kehilangan kontak, kita bisa aktifkan percakapan lagi dengan mereka. Siapa tahu kita malah mendapatkan informasi baru darinya.
3. Berhati-hati dalam memilih teman
Hal ini sudah saya rasakan ketika awal-awal mempunyai account Facebook tujuan saya hanya mempunyai banyak teman, ketika teman saya banyak membuat saya kelimpungan, tapi hal itu akhirnya bisa saya manage dengan baik. Walaupun sedikit terlambat tetapi tak apalah. Prioritaskan kualitas daripada kuantitas. Beraktivitas di dalam Facebook akan menjadi lebih berkualitas bila jaringan pertemanan kita berkualitas.

4. Tidak semua Facebook Application itu bermanfaat
Terdapat ribuan Facebook Application dan tidak semuanya layak untuk tampil menghiasi Facebook Profile kita. Untuk menjaga Profesionalitas, tunjukkan kalau Facebook bukanlah hanya tempat untuk bermain. Dengan begitu sosok kita dapat dinilai dengan baik oleh teman kita di Facebook.

5. Perhatikan tingkat kerahasiaan diri kita
Pertama kali menjadi anggota di Facebook, segeralah edit profile dan atur tingkat security kita sesuai dengan kenyamanan.Siapa saja yang bisa melihat profil utuh diri kita, siapa saja yang hanya bisa melihatnya dengan terbatas. Kita juga bisa mengatur seberapa jauh diri kita bisa dicari di Facebook. Kita juga bisa mengatur informasi aktivitas apa saja yang dilakukan teman kita yang muncul di Facebook Status Update kita.

6.Manfaatkan perangkat yang sudah biasa kita pakai untuk memperkaya profil kita
Ada beberapa Facebook Application yang memungkinkan kita mengimpor konten blog yang kita punya (bagian ini Insya Allah akan dibahas lebih detail dalam postingan lainnya). Contohnya setiap artikel blog kita bisa kita tampilkan di Facebook Profile kita. Dan banyak lainnya yang dapat kita maksimalkan.

7. Bergabung dengan Facebook Group yang relevan
Banyak sekali Facebook Group dengan berbagai tema dan topik, tetapi tidak semuanya bermanfaat. Banyak yang tidak terlihat aktivitasnya, banyak pula yang akti tapi tidak relevan dengan kompetensi diri kita. Bergabunglah yang akan saling memberi manfaat, memang sikap selektif sangat perlu kita terapkan ketika akan bergabung dengan Facebook Group.

8.Tunjukkan sisi Sosial
Kepedulian itu penting karena kita tidak akan bisa hidup tanpa orang lain. Maka bergabunglah dengan aplikasi causes atau bergabung dengan Facebook Group yang bertemakan sosial. Memang dengan mengikuti aktivitas ini kita tidak bisa mengubah dunia, tapi setidaknya kita bisa menunjukkan kepedulian kita.

Itu saja dari saya mengenai menggunakan Facebook secara profesional. Intinya saat ber-Facebook ria adalah kembali pada user akan dijadikan seperti apa Facebook-nya.
Terima kasih kepada para Blogger yang selalu menyemangati saya dan juga para Facebookers yang komentar atas postingan saya yang saya share di Facebook.
sumber : muba-rock.blogspot.com

1 Comments:

Rizky2009 mengatakan...

bagus mang tp sayangnya hanya kita sendiri yang bisa lihat, orang lain g bisa lihat

Posting Komentar

Blog Ini Sudah "DOFOLLOW" alias U COMMENT I FOLLOW

No spam! And No sara!

100 ribu setiap hari? WOW! mau donk! Klik disini

Request film? Gratis! WAW!
Gue mau tuh! Klik disini





























Download Game gratis? Mau2! Klik disini















Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik di sini (Ricky Sabastian)