Facebook Versus FS, & Twitter

 
FB VS FS :

Catatan perbandingan, menurut saya:
  • Tujuan
  • Tampilan
  • Isi
  • Fleksibilitas
  • Kemudahan dipelajari
Tujuan
Keduanya merupaka
n situs networking.
Tapi sayangnya untuk Friendster, kita kurang bisa mencari teman-teman yang (pernah atau sedang) berhubungan dengan kita. Kesulitan akan terjadi kalau kita tidak tahu atau tidak ingat nama ataupun alamat email teman yang akan kita add. Kenal sih iya, tapi jadi teman di Friendster belum tentu.
Kalau Facebook, kita bisa mencari teman-teman melalui jaring pertemanan dari orang yang sudah menjadi teman kita. Nah, enaknya di situ. Jadi, ga perlu cari-cari nama atau email account teman yang mau kita add, tapi cukup cari lewat jaring pertemanannya. Cuma, memang kalau ada teman yang kita benar-benar ga tahu, berarti kita mesti kenalan dulu, donk. Tak kenal maka .. kenalan!
Tampilan
Untuk tema tampilan Friendster memiliki beberapa pilihan dan bahkan kita bisa memakai tema tampilan buatan kita sendiri. Tapi, tampilannya statik. Sementara Facebook tidak bisa diganti-ganti. Tampilannya lebih mirip blog (bahkan papan iklan) ketimbang detil identitas kita.
Keduanya menggunakan tampilan frame dan kolom. No problem buat saya, selama tampilannya clean, it’s OK. Saya lebih suka liat tampilan profil Friendster saya, lebih clean. Makanya, profil Facebook saya ga mau ditambah macam-macam biar ga pusing liatnya.
Isi
Isi dari profil Friendster dan Facebook sebenarnya sama saja. Keduanya akan menampilkan data pribadi kita, siapa teman kita, dan apa yang ingin kita beritakan ke dunia lewat internet. Tapi, saya lebih suka Facebook. Kenapa? Karena Facebook menawarkan tampilan data pribadi yang lebih detil dari Friendster. Jadi, bisa tahu tuh, teman jaman dulu (hehe, ada gitu teman jadul?) sekarang tinggal di mana, kerja di mana, kuliah apa, sudah married apa belum, dll. Seru, deh.
Fleksibilitas
Untuk urusan fleksibilitas saya belum ngulik-ngulik banget. Tapi, kalau di Facebook, kita bisa lebih bebas berkreasi. Ya, pokoknya lebih dinamis ketimbang Friendster.
Kemudahan dipelajari
Friendster jelas mudah dipelajari. Kita ga perlu habiskan waktu lama untuk memakai fitur standar yang disediakan Friendster. Tapi, kalau untukFacebook, mungkin perlu tambahan waktu. Facebook itu kalau tidak kita kelola dengan baik pastinya jadi papan iklan yang kepenuhan dengan iklan atau aplikasi yang ga jelas. Sementara kalau Friendster, mau diapapun juga ya gitu-gitu aja. Hehe.

FB VS TWITTER :
Persaingan dua social media makin seru. Setelah Facebook yang makin meraja di Indonesia, Twitter juga mulai menancapkan pamornya di pengguna internet Indonesia (khususnya mobile). Baik Facebook maupun Twitter memiliki fungsi dan keunggulan masing-masing.
Tapi akhir-akhir ini, Facebook semakin mencoba mengejar keunggulan2 Twitter. Setelah meluncurkan versi ringan Facebook di http://lite.facebook.com, maka Facebook juga meluncurkan fitur memberi tag di statusnya.
Mau tau cara nge-tag di status Facebook ?

Caranya gampang. Tinggal tulis tanda @ dan disambung dengan nama teman yang hendak di tag. Begitu anda nulis @ , maka facebook akan membantu dengan mengeluarkan daftar nama teman kita, sesuai dengan huruf atau nama yang kita ketik.
Jelas fungsi tag di Facebook ini sama dengan fungsi tag di Twitter. Meskipun perbedaan utamanya adalah Twitter membuat kita bisa men tag siapa saja (tidak harus follower atau orang yang kita follow), sementara tag di Facebook hanya untuk teman kita saja.
Ditunggu saja bagaimana pertempuran Facebook dan Twitter ini berlanjut

3 Comments:

Mich mengatakan...

ane tetap pilih twiter terbaik^^
simpel :)

Difference - Cah Kudus mengatakan...

apapun tujuan / tampilannya saya tetap memakai friendster dan facebook, yang penting komunikasi tetap lancar :)

fariiedz gibran nouvaliey son of sulaiman mengatakan...

YG PENTING OKEH !! HAHA

Posting Komentar

Blog Ini Sudah "DOFOLLOW" alias U COMMENT I FOLLOW

No spam! And No sara!

100 ribu setiap hari? WOW! mau donk! Klik disini

Request film? Gratis! WAW!
Gue mau tuh! Klik disini





























Download Game gratis? Mau2! Klik disini















Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik di sini (Ricky Sabastian)